Pusat Unggulan IPTEK Javanologi (PUI Javanologi) Universitas Sebelas Maret menerima sebanyak 106 Diaspora Jawa dari berbagai negara diantaranya: Suriname, Belanda dan India pada hari Senin, 9 Oktober 2023. Kedatangan para Diaspora Keturunan Jawa ini dalam rangka mampir untuk menengok rumah dan realisasi Gedung PUI Javanologi sebagai Omahe Diaspora Jawa Sak Donya yang telah dikukuhkan pada tahun 2019 silam. Acara kunjungan mereka dikoordinasikan oleh Ricky Tour dari Suriname yang membawa para Diaspora untuk mengunjungi tempat-tempat yang mempunyai kaitan sejarah dari para Diaspora Jawa seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya hingga ke Bali.

Kunjungan para Diaspora Jawa diterima di Pendhapa R.Ng. Yasadipura, PUI Javanologi UNS dan disambut langsung oleh Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. (Ketua PUI Javanologi), Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd. (Sekretaris PUI Javanologi), Dr. Mibtadin, S.Fil.I., M.S.I. (Koordinator Akselerasi dan Pengembangan Program PUI Javanologi), dan para peergroup diantaranya: Dr. Theresia Widyastuti, M.Sn., Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn., Apika Nurani Sulistyati, S.Sn., M.Sn., Dr. Sugit Zulianto, M.Pd., Drs. Sutarjo, M.Hum., Dr. Basuki Sumartono, M.Sn. dan staf PUI Javanologi.

Prof. Sahid Teguh Widodo, M.Hum., Ph.D. selaku Ketua PUI Javanologi mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para Diaspora Jawa yang telah menempuh perjalanan jauh dari Suriname dan berkenan mampir untuk mengunjungi PUI Javanologi. Beliau juga memaparkan terkait dengan program-program Kebudayaan Jawa diantaranya Sinau Bahasa Jawa, Menari, hingga Karawitan sekaligus memperkenalkan PUI Javanologi. Setelahnya selesai mendengarkan paparan dari Ketua PUI Javanologi, para Diaspora Jawa diajak untuk bernostalgia menikmati hidangan kuliner seperti: tiwul, sawut, klepon, arem-arem, es kuwut, sosis solo, dan sebagainya.

Setelah selesai menikmati hidangan khas Solo yang disediakan, para tamu juga diajak untuk berkeliling melihat Museum UNS yang yang terletak di Gedung R.Ng. Ranggawarsita Lantai 1. Mereka diajak untuk berkeliling dan melihat sejarah UNS mulai dari Pra UNS, perkembangan UNS, hingga UNS masa kini. Para Diaspora Jawa sangat tertarik dengan barang-barang koleksi yang ada di Museum UNS diantaranya Batik Kimono 2 Musim, Batik dengan motif Logo UNS, Genderang Taiko dari Jepang, hingga Naskah Lontar Yusuf. Tak hanya menilik itu, para tamu juga dimanjakan dengan berbagai souvenir dan oleh-oleh khas Solo seperti syal, tas laptop, tas totebag, bucket hat, gantungan kunci, karak, racikan wedang uwuh dan sebagainya. Para tamu kunjungan pun terlihat antusias untuk memilah dan membeli souvenir yang ada. Setelah usai berkeliling dan berbelanja pada Museum UNS.

Rp 25.000
Gantungan Kunci Motif
Gantungan kunci motif batik menampilkan keindahan tradisional Indonesia dengan detail-desain yang khas dan menarik untuk aksesoris harian anda.
Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri
Rp 15.000
Dompet Kecil Motif

Dompet kecil motif batik adalah aksesori yang elegan dan unik, cocok untuk menambah sentuhan budaya pada gaya sehari-hari Anda.

Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri

Tatakan MUG

Tatakan mug motif batik adalah sebuah alas atau tempat untuk meletakkan mug dengan desain motif batik. Motif batik tersebut mengambil inspirasi dari seni tradisional Indonesia yang kaya akan warna dan corak, menciptakan sebuah tampilan yang indah dan unik. sebagai perlengkapan praktis untuk meletakkan mug, tetapi juga sebagai hiasan yang mempercantik meja

Warna Tersedia: biru dan coklat

Rp. 35.000
Tas Tumbler

Tas tumbler motif batik ini memiliki desain yang unik dan khas, menampilkan keindahan motif batik tradisional yang menjadi ciri khas budaya Indonesia.

Warna Tersedia : 2 Motif Dalam Gambar

Rp 250.000
Tas Batik

Tas dengan motif batik adalah paduan keanggunan klasik dan gaya modern yang tak lekang oleh waktu. Motif batik yang dipilih dengan hati-hati memberikan sentuhan budaya yang tak ternilai.

Tersedia Warna : Hitam, Navy, Merah

Rp 150.000


Topi Motif Batik

Topi motif batik adalah kombinasi antara gaya yang berani dan keindahan tradisional sehingga memberikan sentuhan budaya Indonesia yang kaya dan bermakna.

Warna Tersedia : Hitam, Navy, Oranye, Creme, Army

Rp 225.000

Totebag Motif Batik

Totebag merah motif batik adalah kombinasi antara keindahan tradisional dan gaya kontemporer. Memberikan sentuhan berani dan bersemangat, menambahkan sentuhan elegan yang tak tertandingi.

Warna Tersedia : Merah, Navy, Hitam