Hari ini 16 Maret 2017, Museum UNS menambah lagi koleksinya, berupa satu samir yang digunakan untuk kelengkapan saat prosesi wisuda serta dua buku bersejarah. Dua buku itu adalah: (1). Buku laporan pelantikan Dr. Moh. Saleh Mangundiningrat menjadi Guru Besar dalam Ilmu Filsafat Umum dan Islam dengan gelar Profesor, serta (2). Buku Peraturan Dasar Universitas Tjokroaminoto Surakarta. Koleksi baru tersebut dibawa oleh Bapak Londo Ireng, wartawan senior di Kota Surakarta ini. Beliau mendapatkannya dengan bergerilya ke teman-teman mahasiswa dahulu, alumni beberapa perguruan tinggi yang akhirnya tergabung menjadi Universitas Sebelas Maret. Untuk Samir, didapatkan Beliau dari alumni Mahasiswa Akademi Administrasi Negara (AAN).


“Menelusur benda-benda yang terkait dengan kesejarahan dan pendirian UNS ini ke teman-teman. Ternyata anak mahasiswa AAN masih menyimpannya, namanya Bapak W. Sunardi (alumni AAN dan pegawai RRI Surakarta). Namun Pak Nardi sudah meninggal kemudian saya bertemu dengan istrinya dan memberikan kotak berisi berkas yang diantaranya samir dan buku-buku bersejarah ini” ungkap Bapak Londo Ireng. “Insya’Alloh, nanti akan ada tambahan lagi, ini akan saya tata ulang terlebih dahulu benda-benda yang sekiranya dapat dijadikan sebagai koleksi Museum UNS”, tambah Beliau.


Dengan berjalannya waktu, semoga koleksi Museum UNS semakin bertambah banyak sehingga museum ini dapat benar-benar merepresentasikan sebagai pusatnya kesejarahan berdirinya Universitas Sebelas Maret serta perkembangannya. Amin..Amin ya Robbal alamiin..


(Ercilia Rini Octavia/ Tim Humas Museum UNS/ 16 Maret 2017)

Rp 25.000
Gantungan Kunci Motif
Gantungan kunci motif batik menampilkan keindahan tradisional Indonesia dengan detail-desain yang khas dan menarik untuk aksesoris harian anda.
Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri
Rp 15.000
Dompet Kecil Motif

Dompet kecil motif batik adalah aksesori yang elegan dan unik, cocok untuk menambah sentuhan budaya pada gaya sehari-hari Anda.

Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri

Tatakan MUG

Tatakan mug motif batik adalah sebuah alas atau tempat untuk meletakkan mug dengan desain motif batik. Motif batik tersebut mengambil inspirasi dari seni tradisional Indonesia yang kaya akan warna dan corak, menciptakan sebuah tampilan yang indah dan unik. sebagai perlengkapan praktis untuk meletakkan mug, tetapi juga sebagai hiasan yang mempercantik meja

Warna Tersedia: biru dan coklat

Rp. 35.000
Tas Tumbler

Tas tumbler motif batik ini memiliki desain yang unik dan khas, menampilkan keindahan motif batik tradisional yang menjadi ciri khas budaya Indonesia.

Warna Tersedia : 2 Motif Dalam Gambar

Rp 250.000
Tas Batik

Tas dengan motif batik adalah paduan keanggunan klasik dan gaya modern yang tak lekang oleh waktu. Motif batik yang dipilih dengan hati-hati memberikan sentuhan budaya yang tak ternilai.

Tersedia Warna : Hitam, Navy, Merah

Rp 150.000


Topi Motif Batik

Topi motif batik adalah kombinasi antara gaya yang berani dan keindahan tradisional sehingga memberikan sentuhan budaya Indonesia yang kaya dan bermakna.

Warna Tersedia : Hitam, Navy, Oranye, Creme, Army

Rp 225.000

Totebag Motif Batik

Totebag merah motif batik adalah kombinasi antara keindahan tradisional dan gaya kontemporer. Memberikan sentuhan berani dan bersemangat, menambahkan sentuhan elegan yang tak tertandingi.

Warna Tersedia : Merah, Navy, Hitam