Museum Universitas Sebelas Maret telah diresmikan bertepatan dengan momentum peringatan Dies Natalis ke-4I UNS oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia, Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., dengan didampingi Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo beserta Rektor UNS, Bapak Prof. Dr. Ravik Karsidi, M.S. Prosesi peresmian diawali dengan pemotongan untaian bunga oleh Bapak Mohamad Nasir kemudian penandatanganan prasasti oleh Bapak Menteri dan Bapak Rektor selaku penggagas berdirinya Museum UNS ini.

 

Selanjutnya, melihat isi museum dengan didampingi oleh Ketua Divisi Konservasi Museum, Bapak Dr. Susanto yang menjelaskan secara garis besar (kurang lebih) 400-an koleksi yang dipajang dalam museum. Peresmian Museum UNS ini memberikan arti bahwa secara operasional museum telah dibuka dan dapat diakses oleh masyarakat umum.

Museum yang merupakan pusatnya kesejarahan Kampus Universitas Sebelas Maret ini terepresentasi dari koleksi yang tersimpan, berupa data/informasi kesejaraharan dan kebudayaan UNS mulai dari sejarah nama dan proses berdirinya barang-barang bersejarah bagi UNS antara tahun 1952 hingga 1980; diantaranya berupa: (1). Timeline sejarah keberdirian UNS yang dahulunya merupakan gabungan dari 15 Perguruan Tinggi (PT). Di antaranya IKIP Surakarta, Sekolah Tinggi Olahraga (STO), PTPN veteran cabang Surakarta, dan Universitas Nasional Saraswati; (2). foto-foto kampus hingga sejarah berdiri dan nama UNS; (3). mesin ketik kuno yang digunakan rektor sebelum menjadi Kampus UNS; (4). alat-alat olahraga dan piala-piala mulai tahun 1965 hingga 1969 yang merupakan koleksi dari STO, dan masih banyak lagi.

 

Melalui peresmian Museum UNS ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan layanan informasi, data kesejarahan, dan dokumentasi kebudayaan bagi para mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum sehingga dapat menambah dan meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang bersifat edukasi-rekreatif. Selain itu Museum UNS ini sebagai wujud penghargaan kepada para tokoh perintis dan institusi/lembaga yang berjasa dalam pendirian UNS.

(Ercilia Rini Octavia/Tim Humas Museum UNS/11 Maret 2017).

Rp 25.000
Gantungan Kunci Motif
Gantungan kunci motif batik menampilkan keindahan tradisional Indonesia dengan detail-desain yang khas dan menarik untuk aksesoris harian anda.
Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri
Rp 15.000
Dompet Kecil Motif

Dompet kecil motif batik adalah aksesori yang elegan dan unik, cocok untuk menambah sentuhan budaya pada gaya sehari-hari Anda.

Warna Tersedia : 2 motif dalam galeri

Tatakan MUG

Tatakan mug motif batik adalah sebuah alas atau tempat untuk meletakkan mug dengan desain motif batik. Motif batik tersebut mengambil inspirasi dari seni tradisional Indonesia yang kaya akan warna dan corak, menciptakan sebuah tampilan yang indah dan unik. sebagai perlengkapan praktis untuk meletakkan mug, tetapi juga sebagai hiasan yang mempercantik meja

Warna Tersedia: biru dan coklat

Rp. 35.000
Tas Tumbler

Tas tumbler motif batik ini memiliki desain yang unik dan khas, menampilkan keindahan motif batik tradisional yang menjadi ciri khas budaya Indonesia.

Warna Tersedia : 2 Motif Dalam Gambar

Rp 250.000
Tas Batik

Tas dengan motif batik adalah paduan keanggunan klasik dan gaya modern yang tak lekang oleh waktu. Motif batik yang dipilih dengan hati-hati memberikan sentuhan budaya yang tak ternilai.

Tersedia Warna : Hitam, Navy, Merah

Rp 150.000


Topi Motif Batik

Topi motif batik adalah kombinasi antara gaya yang berani dan keindahan tradisional sehingga memberikan sentuhan budaya Indonesia yang kaya dan bermakna.

Warna Tersedia : Hitam, Navy, Oranye, Creme, Army

Rp 225.000

Totebag Motif Batik

Totebag merah motif batik adalah kombinasi antara keindahan tradisional dan gaya kontemporer. Memberikan sentuhan berani dan bersemangat, menambahkan sentuhan elegan yang tak tertandingi.

Warna Tersedia : Merah, Navy, Hitam